MENGENAL FILSAFAT SENI DAN ESTETIKA

MENGENAL FILSAFAT SENI DAN ESTETIKA 

Filsafat merupakan bidang pengetahuan yang senantiasa bertanya dan mencoba menjawaab semua pertanyaan yang menarik perhatian manusia dari dahulu hingga sekarang. 

Mari kita uraikan satu per satu 

Apa itu Filsafat?

Filsafat merupakan Wahana ketika manusia menggunakan akal budinya untuk memikirkan segala sesuatu dengan mendalam, detail, rasional (logis), proporsional – ilmiah, dengan tujuan demi memenuhi hasrat cinta kepada kebajikan ataupun kebenaran-kebenaran sejati yang dijumpai pada realitas.

Apa itu Seni?

Secara umum seni merupakan segala bentuk hasil ciptaan manusia yang mengandung unsur-unsur bernilaikan keindahan  

Jadi, apa itu filsafat seni?

Filsafat Seni merupakan Kajian mendalam tentang karya cipta manusia yang bernilaikan keindahan untuk mendorong selalu tumbuhnya rasa cinta kepada kebenaran ataupun kemuliaan hidup .

Estetika 

Apakah yang dimaksud dengan estetika 

Estetika menurut Louis Kattsof menyatakan bahwa estetika adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan batasan rakitan daan peranan dari keindahan, khususnya dlam seni  

Selain itu estetika juga merupakan Pengamatan inderawi terhadap sesuatu obyek yang menggerakkan manusia untuk merasakan keindahan, memahami nilai-nilai keindahannya dan mampu mengungkapkan cita rasa keindahan tersebut melalui karya seni.

Proses estetika (prosesi persepsi inderawi tentang keindahan) pada diri manusia tersebut, dinamakan pengalaman estetika.

filsafat seni dan estetika

Lalu, apa yang membedaakan filsafat, Seni, Estetika serta keterkaitan dari ketiganya, silahkan perhatikan table berikut:

Perbedaan Filsafat Seni dan Estetika

Pendapat umum menyatakan bahwa estetika adalah cabang dari filsafat, artinya filsafat yang membicarakan keindahan.

Persoalan estetika pada pokoknya meliputi empat hal, yaitu;
1. Nilai estetis 
2. Pengalaman estetis 
3. Perilaku yang mencipta 
4. Seni 

Selanjutnya kan dibahas seni sebaagai pengalaman estetis pada postingan berikutnya:


SEKIAN DAN TERIMAKASIH 


No comments:

Powered by Blogger.